(1) Fondasi


Fondasi merupakan bagian konstruksi yang paling bawah dari bangunan. Fondasi berfungsi untuk menyalurkan berat bangunan ke tanah dasar yang menumpu bangunan. Jenis fondasi yang paling umum digunakan untuk bangunan rumah dua lantai  adalah fondasi telapak atau dalam istilah teknik disebut footplate.
Fondasi footplate dibuat dengan struktur beton bertulang, dan penempatannya pada titik-titik tertentu di mana pada titik tersebut nantinya akan dibuat kolom struktur. Ukuran dari fondasi ini tergantung dari  beban yang ditanggungnya dan juga daya dukung tanah dasar yang menumpunya.
Agar beban yang bekerja pada fondasi footplate tidak terlalu besar, maka pada bangunan rumah dua lantai juga dibuat fondasi menerus dari pasangan batu kali, atau dalam istilah teknik sering disebut fondasi staal.
Dengan adanya fondasi menerus, maka beban dinding pada lantai bawah akan disalurkan langsung ke tanah dasar tanpa harus membebani fondasi footplate.
Sekilas Info: Rumah Minimalis  – Minimnya lahan rumah dan semakin bertambah mahalnya harga baik dari nilai bangunan maupun tanah menjadikan rumah minimalis modern satu lantai menjadi solusi yang paling diminati oleh banyak orang terutama untuk yang memiliki dana terbatas.